Headlines News :
Home » » Analisa Data

Analisa Data

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2012 | 19.41

Dalam penelitian ini dipergunakan dua macam analisa yaitu uji Chi-square dan Analytic Hierarchy Process (AHP).

Uji Chi-Square digunakan untuk menyelidiki hubungan ketergantungan antara dua variabel yaitu antara frekuensi penggunaan jembatan penyeberangan dan karakteristik sosioal ekonomi, perjalanan, dan penggunaan jembatan penyeberangan.

Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu teknik pengambilan keputusan yang sangat berguna dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang kompleks tanpa pengaruh intuisi dan perasaan manusia, yang seringkali mengakibatkan terjadinya bias dalam pengambilan keputusan. Teknik ini dikembangkan oleh Prof. Thomas L. Saaty & Associates.

Saaty (1987) menyatakan bahwa AHP merupakan suatu teori pengukuran yang digunakan untuk menderivasikan skala rasio baik dari perbandingan-perbandingan berpasangan diskrit maupun kontinu. Diperlukan suatu struktur hirarki dalam menggunakan AHP untuk mendefinisikan masalah dan perbandingan berpasangan untuk menentukan hubungan dalam struktur tersebut. Struktur hirarki digambarkan dalam suatu diagram pohon yang berisi goal (tujuan masalah yang akan dicari solusinya), kriteria, subkriteria, dan alternatif.


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. gudangbagus.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger